Rabu, 23 Juni 2010

SYIRIK LEBIH BERBAHAYA DARI PEMBUNUHAN

بسم الله الرحمن الرحيم

SYIRIK LEBIH BERBAHAYA DARI PEMBUNUHAN
"Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyambah kepada-Ku. ( Adz-dzariat : 56 ).
Begitulah bunyi dari ayat Alloh , yang menyatakan bahwa tugas manusia hidup di muka bumi ini hanyalah untuk beribadah kepada Alloh semata. Akan tetapi pada kenyataannya banyak sekali di antara manusia yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik, bahkan menyelihinya. Mereka dilalaikan oleh tipu daya syetan.
Sehingga mereka memperturutkan hawa nafsu, dan terjerumus kedalam lembah kesyirikan, mempersembahkan peribadatan mereka kepada selain Alloh.
Definisi Syirik
Secara bahasa syirik berasal dari kata شَرٍِ كَ (syarika) yaitu menjadi sekutunya, dan أَشْرَ كَ (asyraka) menjadikanya sekutu baginya (Al-munawwir:715.)
Adapun secara definisi syar'ie syirik adalah : Menyamakan selain Alloh dengan Alloh dalam hal-hal yang merupakan kekhususan bagi Alloh, seperti berdo'a kepada selainnya . Atau memalingkan suatu bentuk ibadah seperti: menyembelih, bernadzar, dan lainnya kepada selain Alloh.(Kitab tauhid 3:5,Dr Shalih bin Abdulloh Al fauzan).
Maka barang siapa yang menyembah kepada selain Alloh maka ia telah meletakkan ibadah tidak pada tempatnya, dan memberikannya kepada yang tidak berhak.

Dosa Syirik Lebih Besar Dari Pembunuhan

Alloh berfirman :



"Mereka bertanya kepadamu tentang berperang pada ulan haram, katakanlah: berperang pada bulan itu adalah dosa besar; tetapi menghalangimanusia dari jalan Alloh, (masuk) masjidil haram dan mengusir penduduknya dari sekitarnya, lebih besar dosanya disisi Alloh. Dan fitnah itu lebih besar dari pembunuhan" (Al-Baqoroh:217).
Sebab turunnya ayat ini adalah .
Suatu ketika di bulan rajab tahun kedua setelah hijrahnya Rasululloh ke Madinahatau 17 bulan setelah hijrah. Rasululloh mengirim sebuah patroli pengintai dengan kekuatan8 orang yang dipimpin oleh Abdulloh bin Jahsyi Al Asadi. Ia membawa surat tertutup dari Rosululloh dan tidak boleh dibuka kecuali setelah mereka melakukan perjalanan selama dua hari.
Surat itu berisi: " Jika kamu telah melihat suratku ini maka teruslah berjalan sampai di Nahlah, suatu daerah antara Makkah dan Thaif. Dan intailahgerak gerik qoum Quraisy di sana, dan beritahukan kami tentang berita mereka.
Maka mereka semua berangkat ke nahlah kecuali dua orang , karena mereka mencari unta tungganganya yang hilang . Akan tetapi mereka berdua tertangkap oleh kaum Quraisy.
Sesampainya di nakhlah mereka melihat kafilah dagang Quraisy yang hendak kembali ke Makkah, dan menyerangnya, dan membunuh seorang kafir Quraisy yaitu Amru Al Hadrami. Dan berhasil menawan dua orang dari mereka, sedangkan seorang dari mereka berhasil melarikan diri ke makkah. Ini adalah ghanimah pertama bagi kaum muslimin.
Ketika berita ini sampai di telinga kaum Quraisy, mereaka mengirim utusan kepada Rosululloh di Madinah.Mereka berkata : "apakah engkau menghalalkan perang di bulan haram" . Maka Alloh menurunkan ayat ini.
Tafsir ayat و الفتنة أشد من القتل : dan fitnah lebih besar dari pada pembunuhan.
Para ulama tafsir menafsifkan kata fitnah dengan kesyirikan , diantaranya : Mujahid, Qatadah, Rabi', dan Ad-dahak.
Imam At- Tabari berkata: " Dan seorang mu'min yang mendapat ujian dalam agamanya sehingga ia kembali kepada kemusyrikan setelah keislamannya tersebut, lebih berbahaya dari pada ia melakukan suatu pembunuhan, akan tetapi ia masih berpegang teguh terhadap agamanya".
Perkataan ini senada dengan apa yang dikatakan oleh Mujahid.
Kesimpulan
Sesungguhnya barangsiapa yang melakukan kesyirikan maka ia telah melakukan suatu kedzoliman yang besar. Karna ia telah ia telah mempersembahkan peribadatannya kepada selain Alloh. Sedangkan ibadah itu sendiri hanya dapat dipersembahkan kepada Alloh, dzat yang berhak disembah.
Dan sungguh dosa syirik adalah dosa yang paling besar, di antara dosa-dosa lainnya. Dan Alloh tidak mengampuni dosa ini. Alloh berfirman:
إن الله لا يغفر أن يشرك به و يغفر ما دون ذلك لمن يشاء
"Sesungguhnya Alloh tidak mengampuni dosa syirik, dan ia mengampuni dosa-dosa selain syirik bagi siapa yang dikehendakinya".